Minggu, 25 Desember 2011

Kereta MagLev


Kereta maglev, merupakan kereta yang menggunakan magnet sebagai alat bantu dalam bergerak, MagLev adalah singkatan dari MAGnetically LEVitated trains.Kereta jenis ini tidak beroda layaknya model kereta konvensional, tetapi akan melayang secara magnetis, kelebihan jenis kereta ini adalah kecepatan nya yang tinggi dan juga tidak perlu melakukan perawatan pada bagian roda roda nya seperti kereta lain nya. Kereta ini banyak dijumpai di Jepang, prancis, amerika dan jerman. Kereta ini mengambang sekitar 110 mm diatas rel,Dorongan ke depan dilakukan melalui interaksi antara rel magnetik dengan mesin induksi yang juga menghasilkan medan magnetik di dalam kereta.Untuk kereta jenis ini terdapat 3 kategori yaitu Yang tergantung pada magnet superkonduktivitas (suspensi elektrodinamik), Yang tergantung pada elektromagnetik terkontrol (suspensi elektromagnetik), Yang terbaru, mungkin lebih ekonomis, menggunakan magnet permanen (Inductrack), Jepang and Jerman merupakan dua negara yang aktif dalam pengembangan teknologi maglev menghasilkan banyak pendekatan dan desain.
Dalam suatu desain, kereta dapat diangkat oleh gaya tolak magnet dan dapat melaju dengan motor linear.Pengangkatan magnetik murni menggunakan elektromagnet atau magnet permanen tidak stabil karena teori Earnshaw; Diamagnetik dan magnet superkonduktivitas dapat menopang maglev dengan stabil.Berat dari elektromagnet besar juga merupakan isu utama dalam desain. Medan magnet yang sangat kuat dibutuhkan untuk mengangkat kereta yang berat.Efek dari medan magnetik yang kuat tidak diketahui banyak. Oleh karena itu untuk keamanan penumpang, pelindungan dibutuhkan, yang dapat menambah berat kereta. Konsepnya mudah namun teknik dan desainnya kompleks. Kereta maglev, merupakan kereta yang menggunakan magnet sebagai alat bantu dalam bergerak, MagLev adalah singkatan dari MAGnetically LEVitated trains.Kereta jenis ini tidak beroda layaknya model kereta konvensional, tetapi akan melayang secara magnetis, kelebihan jenis kereta ini adalah kecepatan nya yang tinggi dan juga tidak perlu melakukan perawatan pada bagian roda roda nya seperti kereta lain nya. Kereta ini banyak dijumpai di Jepang, prancis, amerika dan jerman. Kereta ini mengambang sekitar 110 mm diatas rel,Dorongan ke depan dilakukan melalui interaksi antara rel magnetik dengan mesin induksi yang juga menghasilkan medan magnetik di dalam kereta.Untuk kereta jenis ini terdapat 3 kategori yaitu Yang tergantung pada magnet superkonduktivitas (suspensi elektrodinamik), Yang tergantung pada elektromagnetik terkontrol (suspensi elektromagnetik), Yang terbaru, mungkin lebih ekonomis, menggunakan magnet permanen (Inductrack), Jepang and Jerman merupakan dua negara yang aktif dalam pengembangan teknologi maglev menghasilkan banyak pendekatan dan desain. Dalam suatu desain, kereta dapat diangkat oleh gaya tolak magnet dan dapat melaju dengan motor linear.Pengangkatan magnetik murni menggunakan elektromagnet atau magnet permanen tidak stabil karena teori Earnshaw; Diamagnetik dan magnet superkonduktivitas dapat menopang maglev dengan stabil.
Berat dari elektromagnet besar juga merupakan isu utama dalam desain. Medan magnet yang sangat kuat dibutuhkan untuk mengangkat kereta yang berat. Efek dari medan magnetik yang kuat tidak diketahui banyak. Oleh karena itu untuk keamanan penumpang, pelindungan dibutuhkan, yang dapat menambah berat kereta. Konsepnya mudah namun teknik dan desainnya kompleks.
Image and video hosting by TinyPic

Sumber: http://achtungpanzer.blogspot.com/2009/05/kereta-maglev.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar