Kamis, 06 Oktober 2011

10 Produk Fenomenal Cermin Kesuksesan Steve Jobs


Mantan CEO Apple Steve Jobs tak penah masuk sekolah formal teknik. Namun, ia telah menciptakan lebih dari 200 hak paten di Amerika Serikat (AS).

Berikut 10 produk signifikan yang tercipta di bawah petunjuknya.

Apple I (1976)
Produk pertama Apple ini merupakan komputer bagi para teknisi dan penggemar yang hanya dibuat dalam jumlah kecil. Steve Wozniak yang merancang produk ini sementara itu Jobs menggalang dana dan menangani pemasarannya.

Apple II (1977)
Salah satu personal computer tersukses pertama, Apple II dirancang sebagai produk massal. Produk ini masih merupakan rancangan Wozniak. Beberapa peningkatan mengikuti model sebelumnya dan produk ini terus diproduksi hingga 1993.

Lisa (1983)
Saat mengunjungi pusat riset Xerox Corp di Palo Alto, Jobs terinspirasi untuk membuat komputer komersil pertama dengan tatapmuka pengguna grafis yang memikili ikon, jendela dan kursor serta sebuah pengendali kursor berupa mouse. Lisa merupakan pilar tatapmuka komputer masa kini. Sayangnya, produk ini terlalu mahal untuk dipasarkan.

Macintosh (1984)
Seperti Lisa, Macintosh juga memiliki tatapmuka pengguna grafis. Selain itu, perangkat ini lebih murah dan lebih cepat serta didukung kampanye iklan besar. Kemudian, orang segera menyadari betapa bergunanya tatapmuka grafis untuk merancang.

Komputer NeXT (1989)
Setelah dipaksa keluar Apple, Jobs membuat perusahaan yang pembuat workstation computer. Perusahaan ini tak pernah berhasil menjual produknya dalam jumlah besar namun komputer tersebut sangat berpengaruh dan menjadi tempat lahirnya web browser pertama dunia. Software komputer ini kini hidup dalam Macintosh dan iPhone saat ini.

iMac (1998)
Saat Jobs kembali ke Apple pada 1996, perusahaan itu mengalami penurunan pangsa di pasar PC. iMac radikal menjadi langkah pertama membalikkannya. Rancangan menariknya membuatnya mudah dipasang dan membuat orang menyadari pentingnya internet dan membuat mereka ingin memiliki satu komputer di rumah.

iPod (2001)
Perangkat ini bukanlah pemutar music digital pertama yang memiliki media penyimpanan. Namun, perangkat ini menjadi perangkat pertama yang sukses. Perluasan Apple dalam elektronik portabel memiliki hasil yang sangat luas. Keberhasilan iPod menuntun pada penyimpan music iTunes dan iPhone.

Toko iTunes (2003)
Sebelum ada toko iTunes membeli musik digital terbilang rumit dan membuat pembajakan menjadi pilihan paling dipilih. Toko ini menyederhanakan proses tersebut dan menjadi pengecer music terbesar di Amerika Serikat (AS) pada 2008.

iPhone (2007)
iPhone berhasil dalam memberi pengalaman smartphone seperti Macintosh dalam PC. iPhone membuat kekuatan smartphone mudah digunakan. Apple saat ini menjadi pembuat smartphone paling menguntungkan di dunia dan pengaruh iPhone merupakan buktinya.

iPad (2010)
Lusinan perusahaan, termasuk Apple, membuat tablet komputer sebelum iPad muncul dan semuanya tak berhasil. iPad akhirnya berhasil memecahkan kode tersebut dan menciptakan kategori komputer baru dengan sendirinya.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar